top of page
  • Writer's picturegrahanesia

Berapakah Kali Baiknya Mengerjakan olahraga dalam Satu minggu

Terdapat banyak teknik buat mengelit diri dari beberapa type penyakit. Mulai dengan memakai makanan yang sehat sampai teratur mengerjakan olahraga. Beberapa type olahraga juga saat ini banyak dilirik orang. Umpamanya naik sepeda, joging, atau olahraga-olahraga yang lain yang dapat dijalankan di rumah.



Buat mendapati fungsi dari olahraga, kamu pastilah butuh melaksanakannya dengan teratur, menyamakan umur dan kemampuan masing-masing. Sayang, banyak orang-orang tetap belum tahu olahraga baiknya dijalankan berapakah kali dalam satu minggu. Apa tiap-tiap hari, tiap-tiap dua hari, tiga hari, atau cukup 1 kali dalam satu minggu saja.


Realitanya, frekwensi olahraga dapat disamakan dengan umur kamu. Baca keterangan di bawah ini.


Umur 3-5 Tahun


Anak dalam umur preschool (umur 3 sampai lima tahun) direkomendasikan selalu untuk aktif tiap harinya tidak ada batas waktu, atau bisa disamakan dengan kebolehan anak itu.


Buat mengoptimalkan pertumbuhan, anak mesti diberikan untuk selalu aktif secara fisik. Orangtua atau pengasuh baiknya turut terlibat dalam berikan kesibukan yang membahagiakan supaya anak lagi aktif bergerak.


Contoh rutinitas fisik yang dapat dijalankan bersama, seperti main petak umpet, kejar-kejaran, atau rutinitas yang lain yang gunakan alat seperti jungkat-jungkit, ayunan, atau perabotan main yang lain.


Umur 6-17 Tahun


Lalu, untuk anak umur 6-17 tahun, baiknya olahraga berapakah kali dalam satu minggu? Ini tergantung pada type olahraga yang sedang dilakukan. Pada anak dengan grup umur ini, baiknya bekerja fisik sekurang-kurangnya 60 menit tiap harinya.


Ada tiga type olahraga yang direkomendasikan, adalah aerobik (olahraga yang mengakibatkan kerja jantung), olahraga yang memperkuat otot, dan olahraga yang memperkuat tulang.


Berikut rinciannya:


Aerobik direkomendasi buat dijalankan 1 kali dalam satu minggu.

Pemantapan tulang, seperti lari dan melonjak, sekurang-kurangnya dijalankan 3x dalam satu minggu.

Pemantapan otot, seperti memanjat atau mengerjakan push up, baiknya dijalankan sekitar 3x dalam satu minggu.


Umur 18-64 Tahun


Untuk yang berumur 18 sampai 64 tahun, ada dua type olahraga yang direkomendasikan buat dijalankan, adalah aerobik dan olahraga buat memperkuat otot. Pada dasarnya, olahraga dijalankan buat mengelit diri dari komorbid penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, atau masalah kesehatan yang lain.


Ada motto yang begitu penting untuk kamu yang masuk group umur ini, adalah "Move more and sit less" maknanya bergerak lebih dan kurangi duduk.


Lalu, olahraga baiknya dijalankan berapakah kali dalam satu minggu? Kamu direkomendasikan mengerjakan olahraga sekurang-kurangnya 150 menit dalam satu minggu atau cukup 30 menit saja sepanjang 5x dalam satu minggu. Sedikit, khan? Tidak hanya itu, intensif olahraga pula penting menjadi perhatian, adalah intensif tengah dan intensif tinggi, atau paduan ke-2 nya.


Olahraga Intensif Tengah


Contoh-contohnya merupakan jalan cepat sepanjang 150 menit tiap-tiap minggunya atau cukup 30 menit dalam satu hari sepanjang 5x dalam satu minggu, dan ditambahi olahraga pemantapan otot sepanjang sekurang-kurangnya 2x dalam satu minggu.


Olahraga Intensif Tinggi


Contoh-contohnya jogging atau lari sepanjang 75 menit 1 kali dalam satu minggu, dan dibarengi olahraga pemantapan otot sepanjang sekurang-kurangnya 2x dalam satu minggu. Paduan ke-2 nya bisa dijalankan sepanjang 2x dalam satu minggu, namun juga dibarengi olahraga pemantapan otot sepanjang sekurang-kurangnya 2x dalam satu minggu.


Umur 65 Tahun ke Atas


Lanjut usia umur 65 tahun ke atas selalu direkomendasikan buat aktif mengerjakan olahraga. Olahraga yang direkomendasi merupakan olahraga intensif gampang-sedang. Olahraga yang bisa dijalankan, adalah jalan sepanjang sekurang-kurangnya 150 menit tiap-tiap minggunya atau 30 menit tiap harinya sepanjang 5x dalam satu minggu.


Tidak hanya itu, butuh pula ditambahi rutinitas fisik lain seperti berdiri satu kaki buat menambah keserasian . Sehingga, baiknya mengerjakan olahraga berapakah kali dalam satu minggu? Nyatanya jawabnya bergantung dengan umur dan kemampuanmu.


Supaya lebih bergairah, mengajak kawan-kawan kamu atau bagian keluarga yang lain buat mengerjakan olahraga bersama-sama. Anekaragamkan pula type olahraga buat menghalang rasa suntuk.


Buat kamu yang sedang mencari Travel dari pekanbaru menuju palembang silahkan klik tautan tersebut terima kasih.

5 views0 comments

Comments


bottom of page