top of page
  • Writer's picturegrahanesia

Bagaimana Tentukan Waktu Olahraga Terunggul untuk Badan?

Kapankah waktu terunggul untuk olahraga teratur? Apa pagi hari sehabis bangun tidur? Atau sore serta malam hari di saat telah tuntas mengerjakan seluruh rutinitas lalu menyenggangkan waktu untuk mengerjakan olahraga? Buat bikin olahraga kian efisien serta berfaedah untuk kesehatan, karenanya Anda harus mengenal aspek vital, antara lainnya sirene yang dipunyai otot badan.



Sebuah kajian menyebutkan jika otot serta kerangka badan mempunyai waktu serta sirene spesifik dalam tentukan kapan harus olahraga serta kapan harus stop. Lantas mana jam yang benar untuk mengerjakan olahraga dari 24 jam yang Anda mempunyai dalam satu hari?


Mengenal waktu olahraga terunggul menurut kajian


Tahukah Anda kalau seluruh sel yang ada dalam badan punyai jam serta skedul spesifik untuk mengerjakan masing-masing pekerjaannya? Jam badan alami yang disebut yaitu irama sirkadian punyai peran untuk mengelola waktu badan kapan harus makan, tidur, bangun, atau mengerjakan beberapa peran yang lain.


Maka dari itu, kalau Anda punyai waktu 24 jam dalam satu hari, karenanya badan dapat mengontrol serta tentukan secara automatic waktu makan serta kesibukan yang lain. Seluruh sel badan punyai irama sirkadian, termaksud otot yang Anda gunakan untuk mengerjakan beberapa rutinitas.


Sebuah study oleh beberapa ilmuwan yang datang dari Northwestern University, menyebutkan jika irama sirkadian yang dipunyai otot bikin seluruh pergerakan yang dibuatnya bertambah efisien. Oleh sebab itu, untuk tentukan waktu terunggul untuk mengerjakan olahraga antara lainnya penting untuk mengenal jam alami otot.


Olahraga pagi hari membikin rutinitas berasa lebih fresh


Mengerjakan olahraga saat pagi hari sudah jadi soal yang sering serta banyak diaplikasikan beberapa kelompok untuk mendapatkan fungsi kesehatannya.


Sebuah study dalam The Journal of Physiology mengerjakan pengetesan di 100 orang untuk mengenal resiko waktu olahraga dalam pengaruhi irama sirkadian di beberapa hari seterusnya. Lewat kajian itu dikenali jika olahraga di jam 7 pagi dapat menolong Anda dalam mengawali rutinitas lebih mula dalam hari seterusnya.


Maknanya, Anda dapat rasakan badan lebih fresh waktu sehari penuh serta siap mengerjakan olahraga bisa semakin cepat sehabis bangun tidur ketimbang olahraga malam atau sore hari.


Sebelumnya makan pagi merupakan waktu terunggul mengerjakan olahraga pagi hari lantaran dapat membakar lemak sampai 20 prosen bisa lebih banyak. Tapi, kalau Anda waswas dapat energi yang cepat terkuras waktu latihan, isikan perut lebih kurang 2 jam awal kalinya. Masalah ini dapat menghalang berlangsungnya ngilu perut waktu mengerjakan olahraga.


Olahraga siang hari lebih efisien untuk keadaan badan


Sebuah kajian dalam jurnal Cell Metabolism mengerjakan uji coba di tikus untuk mengenal apa otot punya jam alami untuk bekerja. Hasilnya, dikenali jika tikus lebih aktif lari di atas mainan yang berputar-putar waktu melaksanakannya pada malam hari. Tikus sebagai hewan yang terdapat sifat nokturnal atau mungkin lebih aktif saat malam hari.


Menurut hasil itu, ilmuwan mengaitkan jika gen terkait dalam mengontrol irama sirkadian tikus supaya bekerja sangatlah efisien saat malam hari. Gen tikus ini pula badan manusia mempunyai. Tapi kebalikannya, manusia lebih aktif di siang hari. Maka dari itu ilmuwan memandang jika manusia lebih efisien untuk mengerjakan olahraga pada siang hari.


Kalau punya niat olahraga pada siang hari, baiknya kerjakan di antara jam 14.00 sampai 18.00. Di jarak waktu ini, temperatur badan Anda ada di titik paling tinggi yang dapat memaksimalkan peran serta kebolehan otot, rutinitas enzim, serta ketahanan waktu mengerjakan olahraga. Jauhi mengerjakan olahraga di tengah-tengah hari yang paling terik lantaran hal semacam itu dapat cukup beresiko untuk badan.


Olahraga sore serta malam hari kalau sangatlah repot berkegiatan


Kalau memanglah Anda sangatlah repot serta tak punya jam yang benar untuk mengerjakan olahraga pada pagi hari, karenanya sebetulnya tak jadi masalah bekerja fisik ini di malam atau sore hari. Kalau mau mengerjakan olahraga dengan waktu bertambah lama tiada waswas bentrokan dengan rutinitas lain, malam atau sore hari dapat menjadi waktu terunggul untuk Anda.


Kajian lain memberikan olahraga malam atau sore ini dapat menambah kwalitas tidur seorang. Sebuah penelitian dari National Sleep Foundation mendapatkan sekitar 76-83%orang yang mengerjakan olahraga sebelumnya tidur punyai kenaikan kwalitas tidur yang lebih bagus ketimbang yang tak mengerjakan olahraga sama sekalipun.


Badan pula punyai waktu reaksi paling singkat dalam jarak waktu ini, maka dari itu sesuai untuk latihan HIIT (high-intensity sela pelatihan). Tapi, Anda juga dapat mengerjakan olahraga lain, seperti jalan cepat atau jogging untuk menambah detak jantung kembali yang bisa turun di sore sampai malam hari.


Kapankah waktu terunggul untuk mengerjakan olahraga?


Sampai sekarang, tak ada kajian atau ukuran nyata yang menyebutkan waktu terunggul untuk mengerjakan olahraga. Orang yang persoalan bangun pagi pasti akan persoalan untuk mengerjakan olahraga saat pagi hari. Sementara, olahraga malam yang menurut kajian dapat menambah kwalitas tidur, barangkali dapat bikin beberapa orang jadi persoalan tidur.


Dari sisi kapan saat mengerjakan olahraga, American Heart Association lebih tekankan di keteraturan jadi kunci Anda untuk rasakan fungsi mengerjakan olahraga. Maka, penting untuk menunjuk rutinitas olahraga yang lebih Anda senangi supaya lebih simpel terpacu.


Buat kamu yang sedang mencari Sewa Rumah di Pekanbaru silahkan klik tautan tersebut terima kasih.

6 views0 comments

Comments


bottom of page