top of page
  • Writer's picturegrahanesia

Apa Itu Sindrom Gardner? Ketahui Tanda-tanda serta Penyembuhannya



Sindrom Gardner satu diantara penyakit yang menggempur aliran pencernaan. Tapi, gejalannya bukan sekedar bersangkutan dengan problem usus serta metode pencernaan. Pahami selanjutnya berikut di bawah ini.


Apakah yang dimaksud sindrom Gardner?


Sindrom Gardner atau Gardner syndrome merupakan penyakit sangat jarang dengan beberapa ciri timbulnya polip atau jaringan abnormal di sisi aliran pencernaan, benarnya usus besar serta rektum atau kolorektal. Keadaan ini tampak karena penyimpangan genetik. Oleh sebab itu, soal ini termasuk penyakit bawaan maka dari itu telah ada mulai sejak lahir.


Di problem ini, jaringan abnormal yang tampak lama-kelamaan berkembang jadi tumor. Kalau tidak dikontrol, tumor dapat beralih jadi garang serta sebabkan kanker.


Masalah ini bikin pasien mudah mengenyam kanker kolorektal, kanker pankreas, serta kanker liver. Bukan sekedar di aliran pencernaan, keadaan ini pula sebabkan perkembangan jaringan abnormal di sisi badan yang lain, semacam pada tulang, gigi, kulit, serta mata.


Penyakit ini jarang-jarang ditemui di Asia. Mengambil buku dengan tajuk Gardner Syndrome, cuma ada salah di antara satu dari sejuta orang yang menderita sindrom Gardner di Amerika Serikat.


Penyakit ini termaksud di category saudaraal adenomatous poliposis (FAP) atau keadaan genetik yang sebabkan tumbuhnya tumor di usus besar.


Apa yang memicu sindrom Gardner?


Penyimpangan ini tampak karena reposisi gen adenomatous polyposis coli atau APC di kromosom 5q22. Gen ini berperanan dalam menghimpit pemisahan sel serta halangi perkembangan tumor.


Gen ini bekerja secara mengendalikan pergantian sel biar tidak memotong begitu cepat maka dari itu sebabkan perkembangan sel yang abnormal.


Penyimpangan gen ini bikin sel tumbuh tidak terlewati. Masalah ini mengakibatkan timbulnya polip. Seterusnya, polip ini bisa jadi tumor serta mengganas jadi sel kanker.


Lantaran ini sebagai penyimpangan genetik, sindrom Gardner dapat di turunkan lewat orangtua. Type penyimpangan genetik di sindrom ini merupakan autosomal menguasai.


Autosomal menguasai maknanya penyimpangan genetik dapat ditinggalkan cukup dengan satu salinan gen atau dari satu diantaranya orangtua saja . Sehingga, kalau satu diantaranya orangtua Anda punyai keadaan ini, ada 50% peluang mereka mewarisi gen ini terhadap Anda.


Tapi, sindrom Gardner kadang-kadang dapat tampak tidak dikarenakan generasi. Masalah ini dapat terjadi karena tersedianya reposisi genetik yang baru dalam tubuh satu orang.


Mengambil study terbitan Journal of Cranio-Maxillofacial Surgery (2009), keadaan ini dapat ditemui sejumlah salah di antara satu dari 8.300 lelaki serta wanita dan salah di antara satu dari 14.025 kelahiran bayi yang hidup di dunia.


Apa tanda-tanda sindrom Gardner?


Tanda-tanda sindrom Gardner kemungkinan tidak lekas tampak. Karena polip kolorektal yang terjadi rata-rata baru terdiagnosis saat pubertas. Pasien juga baru mendapati penelitian saat berusia lebih kurang 16-25 tahun. Kecuali tersedianya polip kolorektal, ini beberapa gejala yang dapat dirasa:


Tonjolan di bawah kulit atau kista epidermoid.


Tumor tulang jinak pada sisi tengkorak, rahang, serta tulang panjang atau osteoma.

Jumlah gigi yang bisa lebih banyak ketimbang jumlah yang bagus atau hiperdontia.

Tumor kelenjar adrenal atau adenoma.

Timbulnya congenital hypertrophy of retinal pigment epithelium atau CHRPE, ialah kerusakan jaringan yang jinak di retina mata.

Bagaimana penelitian sindrom Gardner?

Saat menganalisa keadaan ini, dokter dapat mengerjakan test genetik buat melihat ulang keadaan gen APC Anda.


Mengambil situs Genetic and Rare Diseases Information Center, ini syarat-syarat penelitian sindrom Gardner.


Sekurang-kurangnya ada 100 polip di aliran pencernaan atau polip sejumlah kurang dari 100 polip kalau punyai histori keluarga dengan sindrom FAP atau sindrom Gardner. Timbulnya benjolan tumor pada sisi tengkorak atau tulang panjang.


Tumor di jaringan lunak, seperti kista di bawah kulit, jaringan ikat, serta jaringan mediator. Kecuali test genetik, dokter dapat mendapatkan sinyal tanda Gardner syndrome gunakan rontgen. Test ini melihat ulang keadaan tulang serta gigi pasien dan kolonoskopi buat mendapatkan polip di aliran pencernaan.


Bagaimanakah caranya sebagai obat sindrom Gardner?


Secara prinsip, keadaan ini tidak dapat diobati. Tapi, ada sekian banyak usaha yang berfungsi buat kurangi dampak kanker di pasien.


1. Beberapa obat minum


Dokter kemungkinan berikan beberapa obat group nonsteroid anti-inflamasi (NSAID) sulindac atau celecoxib jadi perawatan keadaan ini.


Penyembuhan ini berfungsi buat meperlambat perkembangan polip di usus besar.


2. Eksisi


Perawatan ini berfungsi buat buang kista yang keluar di bawah kulit. Normalnya, dokter dapat menyuntikkan obat steroid injeksi langsung ke kista di kulit yang mengenyam infeksi.


Langkah ini penting buat kurangi dampak polip yang beralih jadi kanker.


3. Perbuatan bedah


Biar kurangi kemajuan kanker, dokter pula pertimbangkan kolektomi atau pemangkasan beberapa usus kalau ditemui lebih pada 20-30 polip.


Langkah ini kemungkinan mengangkut sejumlah atau juga seluruhnya sisi usus Anda. Dalam kejadian yang lebih kronis, dokter mungkin lakukan tindakan proktokolektomi, adalah operasi pengangkatan usus besar serta rektum.


Perawatan buat tumor di sindrom ini pula tergantung di ukuran serta terletak. Dokter dapat menunjuk kemoterapi atau radiasi biar kumpulan sel badan tidak jadi agresif.


Buat kamu yang sedang mencari Servo Motors silahkan klik tautan tersebut terima kasih.

4 views0 comments

Comments


bottom of page